Jenis - Jenis Manusia Purba Di Indonesia

Postingan kali ini tentang Manusia Purba Yang Ditemukan Di Indonesia. Jadi buat Sobat-SMANDIT@ yang udah nge-request monggo dilihat dulu..^ ^

Nah, berdasarkan penemuan para ahli dapat diketahui beberapa jenis manusia purba di Indonesia adalah sebagai berikut:


1. Meganthropus Paleojavanicus: Manusia besar dan tertua dijawa
Fosilnya ditemukan di Sangiran oleh Von Koenigswald pada tahun 1941 yang berupa tulang rahang yang besar dan kuat.







2. Pithecantropus: Manusia Kera

  •  Pithecantropus erectus: manusia kera berjalan tegak
Ditemukan oleh Eugene Dubois pada tahun 1890 di dekat Desa Trinil, Jatim. Penemuan Fosilnya sangat menggemparkan dunia ilmu pengetahuan pada waktu itu. Bahkan sering dikaitkan dengan Teori Evolusi Charles Darwin.
  • Pithecanthropus mojokertensis: Manusia Kera dari Mojokerto.
Fosilnya ditemukan dan diteliti oleh von Koenigswald antara tahun 1936-1941, di daerah Perning, Mojokerto. Hasil penemuannya berupa tengkorak anak-anak yang diduga berasal dari anak-anaknya Pithecanthropus.
  • Pithecanthropus soloensis : Manusia Kera dari Solo.
Fosil ini ditemukan di daerah Ngandong, lembah Sungai Bengawan Solo antara tahun 1931-1934. Hasil penemuannya berupa 11 buah tengkorak, tulang rahang, dan gigi. Penelitian yang dilakukan oleh von Koenigswald dan Weidenreich, menyimpulkan bahwa mahluk ini lebih tinggi tingkatannya dari Pithecanthropus erectus.


3. Homo sapien
Adalah jenis manusia perba yang telah memiliki bentuk tubuh yang sama dengan manusia sekarang. Mereka juga telah menggunakan akal dan memiliki sifat seperti manusia sekarang. Yang ditemukan di indonesia adalah Homo wajakensis. Fosil yang berupa tengkorak ini ditemukan pada tahun 1889 oleh van Reictshotten didesa Wajak.


Itu tadi Jenis manusia purba yang ditemukan di Indonesia. Jika sobat amati, terlihat jelas perkembangan ke arah yang lebih sempurna (Dari Meganthropus hingga Homo Sapien). Namun apakah dari manusia kera  berevolusi menjadi manusia seperti sekarang?Ataukah Manusia kera tidak ada hubunganya dengan manusia sekarang dan masing-masing dari spesies berbeda?
Hingga sekarang jawaban yang benar-benar kuat belum ditemukan.
Jadi apakah sobat ingin meneliti juga..!? ^ ^

Semoga Bermanfaat^ ^
By: Schiffer 173

About the Author

Ulya Habiburrahman hanyalah seorang remaja biasa.

5 comments

21 Februari 2012 pukul 06.06

asal muala manusia itu dari nabi Adam kan sob?? :))

25 Februari 2012 pukul 01.45

Iya sob,, kan udh ada dalam al-quran
hehe...^_^

31 Agustus 2012 pukul 02.52

Makasih banget mas infonya, bisa belajar sejarah di sini :bd

merinta marvell
19 September 2012 pukul 05.30

:) :( =( :waaa: :s ^_^ :D =D ^:D @@, ;) :-bd :-d :yaya: :'( T_T :\ :p B) :Q :Ozz 7:( \o/ \m/ **p <3 0:) ^o^ :-a 7:O *fck* xV x@ X@ ~x( <:) <=) (-.-,) *=p =p* ''J :W :bye: :imhere: :cendol: :rolled: *bang* :drummer: :guitarist: :vocalist:

Anonim
4 Oktober 2012 pukul 02.03

http://reader-download.googlecode.com/svn/trunk/images/emo/drummer.gifhttp://reader-download.googlecode.com/svn/trunk/images/emo/guitarist.gifhttp://reader-download.googlecode.com/svn/trunk/images/emo/imhere.gif

Posting Komentar

Komentar Sobat membuat Blog ini lebih baik,
Jadi Jangan sungkan-sungkan ya!