Sejarah Penanggalan Hijriah | Gregory

Selamat Tahun Baru Sobat SMANDITA Semua,,,, !!!

Sebagai Apresiasi Menyambut tahun baru ini saya akan share tentang awal mula Sejarah Penganggalan Masehi. Mungkin banyak dari kita yang bertanya kok udah tahun 2012 aja,, kapan mulai penangaalannya?? Nah intuk menjawab Rasa Penasaran Sobat, Silahkan baca sejarah singkatnya disini ya... ^_^



Paus Gregorius XIII adalah salah satu Paus termasyhur yang dimiliki Vatikan. Paus Gregorius XIII mendirikan universitas di Roma, Italia. Universitas itu dipimpin oleh iman-imam Jesuit dan memiliki fakultas-fakultas seperti agama, filsafat, dan hukum. Selain itu, universitas ini memberikan kursus-kursus misionaris dan sejarah gereja.
Paus Gregorius XIII menyetujui penetapan sistem kalender baru yang sebelumnya menggunakan kalender Julian. Perubahan kalender ini diusulkan oleh seorang Doktor dari Napoli, Italia yang bernama Aloysius Lilius pada tanggal 24 Februari 1582. Modifikasi dilakukan karena kalender Julian dianggap sudah tak akurat lagi. Permulaan musim semi (21 Maret) yang semakin maju mengakibatkan perayaan Paskah tidak tepat.
Perbedaan kalender baru ini dengan kalender Julian adalah kalender Julian berlangsung selama 365,25 hari, sehingga setiap satu milenium kalender Julian akan kelebihan 7-8 hari. Masalah ini dipecahkan dengan cara menambahkan hari-hari kabisat, yang membuat perbedaan pada kalender baru ini. Pada kalender Julian, setiap tahun yang dapat dibagi 4 dianggap sebagai tahun kabisat. Tetapi pada kalender Gregorian, tahun yang bisa dibagi 100 hanya dianggap tahun kabisat bila bisa pula dibagi dengan 400. Misalnya tahun 1100, 1300, 1800 bukanlah tahun kabisat, tetapi tahun 800, 1200, 1600 merupakan tahun kabisat. Jadi jangan heran kalau tahun 2100 kelak mempunyai 28 hari pada Bulan Februari.
Setelah ditetapkannya sistem kalender ini, tidak semua negara langsung menganut dan menggunakan sistem kalender ini. Setelah beberapa abad baru mulai banyak negara yang menggunakan sistem penanggalan ini.

Nah itu tadi sejarah singkat penanggalan masehi,,
Semoga di tahun yang baru ini kita mulai memandang ke depan untuk menjalani hidup lebih baik dari tahun yang telah berlalu...


Semoga Bermanfaat ^_^
By:Schiffer173

About the Author

Ulya Habiburrahman hanyalah seorang remaja biasa.

Posting Komentar

Komentar Sobat membuat Blog ini lebih baik,
Jadi Jangan sungkan-sungkan ya!