Did You Know: Mengapa Kita Bisa Cegukan?

Cegukan
Sobat Smandita,, Postingan kali ini membahas soal Cegukan. Cegukan memang membuat kita lelah. Sebentar-sebentar.. hik! Hik! Ugggh.. Saya juga pernah cegukan. Rasanya capek banget. Kenapa kita bisa cegukan? Begini ceritanya..

  • Bagaimana Cegukan Bisa Terjadi?
Cegukan itu terjadi ketika bagian tubuh kita yang disebut rongga dada menegang. Sekat rongga dada itu adalah jaringan otot yang letaknya di bawah paru-paru. Nah, kalau kita menelan sesuatu yang panas atau dingin, saluran makanan dari mulut ke perut (esofagus) dan perut tidak siap menerimanya.
Jadi, istilahnya terkejut gitu, lho. Kejutan inilah ternyata yang menyebabkan sekat rongga dada kita menegang keras.
Kondisi ini akan menyebabkan adanya celah antara pita suara tertutup, tapi udara tetap masih bisa lewat. Inilah yang membuat kita cegukan
 

  • Bagaimana cara menghentikannya?
Cegukan1.ambil segelas air dingin/normal, jangan panas atau terlalu dingin.. tar bisa sakit/ngilu mulut dan gigi anda, karena anda harus minum sampai mulut anda penuh (pipi mengembung), dan jangan ditelan! tapi ditahan dalam mulut air yg anda minum tadi.
2.kemudian ambil posisi bediri, terus turunkan kepala anda spt hendak mencium lutut. (menunduk).
3.langkah berikutnya adalah mulai tegakkan kembali badan anda perlahan-lahan sampai lurus sambil menelan air yang ada dimulut anda sedikit demi sedikit seirama dengan posisi tegaknya badan anda. jadi ketika anda tegak total air dimulut sudah tidak ada.
4.violaaa… rasakan efeknya! :D
5. jika masih tetap terjadi cegukan ulangi sekali lagi. tapi menurut pengalaman pribadi, sekali melakukan ritual diatas, cegukan langsung lenyap.
  • Rekor Cegukan
The Guinness World Records  mencatat rekor cegukan terlama (1922-1990) dipegang oleh Charles Osborne (1894-1991) dari Anthon, Iowa (Amerika Serikat). Cegukannya itu dimulai pada tahun 1922 dengan frekuensi 40 kali per menit,yang kemudian melambat menjadi 20 kali, dan akhirnya berhenti pada bulan Februari 1990. Jadi total ia mengalami cegukan kira-kira selama 68 tahun. Waaah... kasihan sekali yaaa..








Sekian Postingan kali ini,, terus kunjungi ya...


Semoga Bermanfaat ^_^
By: Schiffer173

About the Author

Ulya Habiburrahman hanyalah seorang remaja biasa.

5 comments

24 Februari 2012 07.24

wew.. ada rekornya bung.. awokaokwaokw.. :DD

25 Februari 2012 02.07

Iya sob,, hehe^_^

25 Februari 2012 22.40

nice blog..visit here.

18 Maret 2012 23.01

serius? cegukan 68taun, cara lebih efektif mungkin dengan memotong leher anda. haha
tapi kasian juga ya Charles Osborne.

23 Maret 2012 05.20

loh,, kok!!
haha,, ya gitu deh.. emang kasihan si Charles.

Tetap kenjungi sobat smandit@ ya.. ^_^

Posting Komentar

Komentar Sobat membuat Blog ini lebih baik,
Jadi Jangan sungkan-sungkan ya!